Cara Mengamankan Diri Di Internet, Aman Online Demi karir

Author:
Cara Mengamankan Diri Di Internet, Aman Online Demi karir: Mengamankan privasi online
Disaat orang telah merasa aman sehingga mereka lupa berjaga-jaga disanalah saat paling berbahaya bagi mereka, bukan berarti kita mesti tak tenang tapi kita mesti mengambil tindakan preventive, seperti yang pernah kita ketahui internet berbahaya disamping banyak kebaikannya, kali ini kita akan mencoba mengambl tindakan preventive mencegah sebelum terjadi, karena mengobati akan jauh lebih sulit ketimbang mencegahnya.

Langkah aman berinternet


1. Menjaga Informasi Penting Anda
Langkah awal menghindari penyalahgunaan informasi pribadi adalah menjaga informasi tersebut saat beraktivitas online. Berhati- hatilah  berbagi informasi, dan pastikan Anda tahu bagaimana organisasi akan menggunakan informasi tersebut sebelum Anda memberikannya kepada mereka.
2. Gunakan pengaturan privasi (Privacy Settings)
Sebagian besar situs jejaring sosial memberikan privacy settings yang memungkinkan Anda menentukan siapa saja yang dapat mengakses informasi dan merespon ke konten Anda. Jika masih menggunakan situs yang tidak menggunakan privacy settings, segeralah beralih ke situs lain yang aman.
3. Jangan campuradukkan informasi publik dan data pribadi
Milikilah alamat email lebih dari satu. Gunakan alamat e-mail yang berbeda untuk aktivitas online yang berbeda. Hal ini untuk menjaga informasi publik dan data pribadi agar tetap terpisah.
4. Pajanglah foto yang layak dan sopan
Jangan sampai pihak lain yang membutuhkan informasi tentang Anda, menemukan foto-foto Anda di internet dalam pose yang tidak sopan. Hal ini bisa memberikan citra yang tidak baik bagi Anda.
5. Jagalah bahasa dan konten Anda.
Asumsikan bahwa setiap orang bisa membaca apa yang telah Anda tulis di  media online. Gunakanlah bahasa dan pilihlah konten yang baik. Dengan begitu apa yang Anda tulis dan pajang dapat memberikan reputasi yang baik bagi Anda.
6. Jangan hanya diam
Jika menemukan informasi yang tidak menyenangkan, memalukan, atau tidak benar tentang diri Anda di media online,  jangan tinggal diam! Segera hubungi pemilik atau administrator situs tersebut, dan mintalah untuk menghapusnya. Sebagian besar situs memiliki kebijakan untuk hal ini.
Keenam tips di atas diharapkan bisa membantu menciptakan reputasi online yang mendukung prospek karir dan kehidupan pribadi Anda di masa depan. Selalu berhati-hati terhadap apa yang Anda pampang di internet. Persepsi dan penilaian orang bisa lahir dari apa yang Anda tulis dan pajang di internet.