Bukaan Satu saat Melahirkan, buka bukaan waktu persalinan

Author:
Bukaan Satu saat Melahirkan, buka bukaan waktu persalinan: Persiapan Melahirkan
Menunggu datangnya saat saat mau lahiran adalah hal yang paling menegangkan bagi seorang calon ibu, terutama bagi calon ibu yang baru pertama kali mengalaminya, melahirkan untuk pertama kalinya adalah sesuatu yang paling menegangkan bagi setiap pasangan yang sedang menantikan datanngnya seorang pangeran baru dalam rumah tangga mereka.

Bagi anda yang sedang menantikahttp://www.blogger.com/post-edit.g?blogID=3353265686833060757&postID=3941117224185449135n persalinan untuk yang pertama kalinya sangat dianjurkan untuk sering sering berkonsultasi kepada pakarnya agar nantinya anda bisa menghadapi setiap detik menegangkan dengan penuh kesabaran dan pengetahuan yang maksimal, kedua pasangan ( anda dan suami ) diharapkan sudah mengetahui beberapa

Tanda dan cara menghadapi saat persalinan :

Ketika masa bersalin itu tiba banyak hal yang akan terjadi di dalam rahim. Ada 4 tahapan proses persalinan yaitu :
1. Tahap Persalinan Awal
Pada tahap ini leher rahim membuka sampai selebar 3 cm. Kontraksi mulai berjalan teratur (lama kontraksi 30-60 detik, dengan frekuensi 5-20 menit sekali). Mulas ringan akan terasa, hadapilah dengan tetap tenang dan jangan panik. Setiap kali mulas mulai terasa, segera ambil nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan perlahan lewat mulut. Untuk membantu mempercepat bukaan lakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan. Jangan pernah mengeluh, berbaring di atas kasur, ketakutan, dan marah. Alihkan rasa mulas dengan berdzikir dan panjatkan doa sebanyak-banyaknya.
2. Tahap Persalinan Aktif
Masa ini akan berlangsung ketika frekuensi his ata rasa mulas semakin sering dan stabil. Leher rahim pada tahap ini membuka 4-6 cm dan kontraksi berlangsung lebih lama (60-75 detik), terasa kuat dan sering (1-3 menit sekali). Di masa ini mulasnya makin kuat dan bercampur dengan rasa sakit, linu, pegal dari daerah perut sampai paha. Tetap tenangkanlah hati Anda. Tetap mengingat Allah, karena dengan mengingat-Nya hati menjadi tenang. Terus berdzikir dan berdoa. Jangan pernah sedikit pun berpaling dari Allah.
3. Tahap Transisi
Tahap transisi ini merupakan :
a. Tahap tersulit sekaligus paling cepat.
b. Leher rahim membuka maksimal (8-10 cm).
c. Kontraksi sangat panjang (90-120 detik) dan lebih sering (tiap menit) sehingga seolah-olah tiada henti dan sangat kuat.
d. Adanya keinginan mengejan, tapi ingat jangan dulu sebelum ada komando dari bidan/dokter.
Dengan tetap kontak batin dengan Allah, bersiaplah mendengar komando dari bidan/dokter.
Jika bukaan belum lengkap sebaiknya :
a. Jangan mengejan dulu, walaupun rasanya ingin sekali mengejan.
b. Tahan sekuat tenaga, agar pembuluh darah sekitar mulut rahim tidak bengkak.
c. Jika merasaan ingin BAB semakin kuat, BABnya harus diatas kasur, karena dikhawatirkan yang keluar bukan feces melainkan kepala bayi.
d. Tetap tenang dan jangan panik.
e. Jika Ibu merasa kesulitan bernafas panjang lewat hidung, maka bernafaslah seperti orang yang kepedasan, lewat mulut.
f. Jangan menjerit-jerit dan meronta, karena itu akan membuat energi kita terkuras habis.
g. Ingat, segala rasa nyeri jangan dilawan, tetapi dinikmati.
Dalam hitungan menit insya Allah semua akan berakhir dengan indah.

4. Persalinan
Kondisi berikut ini menandakan bahwa si kecil tak sabar lagi segera keluar :
a. Mulut rahim benar-benar sudah terbuka dan menipis.
b. Dorongan mengejan tidak dapat dikendalikan lagi.
c. Maka mengejanlah sesuai petunjuk bidan/dokter.
Ingatlah bahwa :
a. Ketika mengejan jangan mengeluarkan suara karena akan merusak pita suara.
b. Jangan memejamkan mata karena pembuluh darah mata dapat pecah.
c. Arahkan pandangan pada pusar.
d. Jangan sampai Anda tertidur (ngalenyap/keturon) ketika sedang mengejan, karena membuat bayi terlalu di liang jalan lahir dan hal ini membahayakan.
Ketika bayi mungil itu keluar melewat rahim, akan terasa nikmat sekali. Bayi yang masih berlumur air ketuban ditidurkan di atas perut dan terdengar tangisan pertamanya, adalah obat yang dahsyat, yang akan membuat Ibu lupa rasanya mulas, nyerinya perut, dan panasnya pinggul. Sambut dengan hamdalah, ucapkan salam serta doa pada buah hati Anda.

Semoga Artikel tentang cara dan tanda waktu akan melahirkan di atas dapat memberikan manfaat bagi anda yang kebetulan menantikan sang buah hati atau keluarga yang akan ikut andil dalam proses persalinan nantinya.

Tulisan terkaiit
|| Cara Mempercepat Bukaan ||
|| Mitos seputar Rumput Fatimah ||
|| Bukaan satu, Lahirnya seorang pangeran ||