Cara mencari, mendapatkan ide dan menuangkannya ke dalam tulisan atau blog

Author:
Cara mencari, mendapatkan ide dan menuangkannya ke dalam tulisan atau blog: Sumber cara - Dunia blogging,Dunia blog dan blogging menulis adalah inti dari blogging, menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan atau sahabat adalah tujuan dari penulisan posting para blogger, terkadang blog banyak menganggur, dibiarkan tanpa update atau kosong sama sekali dalam waktu beberapa lama sementara sang blogger yang bersangkutan sibuk mencari ide ide yang tak kunjung datang, kalau seorang blogger yang bertindak sebagai median bagi pelanggan dengan salah satu website inti perusahaan besar yang selalu dikunjungi pastilah arah penulisan akan selalu menuju pada prospek dan masalah masalah yang terjadi pada perusahaan tersebut, ide ide dengan sangat mudah kita dapatkan dari sekitar perusahaan tersebut saja, namun bila sebuah blog adalah personal atau blog yang bertipe "" APA SAJA " seperti blog Sumber cara ini, maka adalah suatu keharusan, ide ide mesti dicari ""dari mana saja"" juga.

Berikut beberapa sumber ide yang mungkin bisa sobat coba intip....

1. Pengalaman
Pengalaman merupakan sumber ide yang paling utama yang tidak akan pernah habis. Karena setiap hari kita selalu mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Tinggal kejelian kita untuk menggali ide-ide tersebut yang bersumber dari pengalaman. Sebagian besar artikel blog ini berasal dari pengalaman pribadi, sehingga saya tidak pernah merasakan kesulitan dalam mencari sumber – sumber ide untuk artikel blog.

2. Hobby
Hobby merupakan salah satu sumber ide yang sangat unik. Artikel yang dibuat dari ide cenderung diminati untuk dibaca para pengunjung.

3. Profesi
Buatlah artikel yang bersumber dari segala sesuatu yang berasal dari profesi anda. Misal anda seorang arsitek, maka buatlah artikel mengenai suatu rancangan bangunan yang mempunyai keartistikan tersendiri.

4. Media
Media ini bisa berasal dari media cetak maupun media elektronik. Ide untuk membuat artikel bisa kita gali dari sumber media ini, tinggal kita mengelola dan menerjemahkan dalam suatu bentuk tulisan.

5. Blogwalking
Kita dapat memperoleh ide-ide baru yang berasal dari blog lain yang kita kunjungi. Tentunya tidak boleh asal kopi paste saja. kopi paste selain terlihat tidak profesional, tulisan kita juga akan sangat sulit terindex oleh google dan tentu saja sekuat apapun teknik SEO kita, mestinya akan selalu mendapat hasil yang kurang maskimal. selain sebagai sumber untuk mendapatkan ide baru, blogwalking juga memiliki berbagai kelebihan diantaranya, adalah urusan Search engine optimization atau sering disebutsebagi SEO ( dalam bahasa indonesia, optimasi untuk mesin pencari, seperti Google)

6. Forum
Bergabunglah dengan berbagai forum dan bertindakllah sebagai anggota forum yang aktif. Lakukan diskusi mengenai berbagai macam hal, hal ini bertujuan untuk menambah wawasan dan tentunya akan menambah sumber ide-ide kita, seandainya tidakpun kita ikut andil dalam diskusi, kita bisa mendapatkan banya inspirasi baru dengan hanya berlaku sebagai pendengar atau pembaca setia.

7. Internet
Internet merupakan jendela informasi dunia, kita dapat menggali beraneka ragam ide-ide untuk membuat artikel blog, terdapat puluhan bahkan ratusan media informasi dan berita yang dapat kita jadikan bahan pembahasan, dari kisah nyata maupun fiktif yang tentunya berhubungan dengan apa yang kita gemari....

Setelah mendapatkan ide?
Setelah kita mendapatkan ide sebagai landasan utama posting kita, tentu menuangkannya kedalam tulisan entry adalah step selanjutnya, jangan biarkan ide ide kita menganggur atau menjadi dingin karena terlalu lama dibiarkan berkeliaran didalam alam fikiran dan khayalan kita saja, segera tuliskan, tulis tulis dan tulis!

mulailah menulis dari apa saja yang paling mengena, kemudian kembangkan... jangan lupa periksa kembali, lalu edit edit... kalau sudah siap baru deh.... hit the publish button... we are done! setelah itu? tinggal tunggu komentar dari pembaca, dari sana ide yang lain pasti akan muncul kembali....

selamat mencoba, semoga tulusian acak acakan ini bermakna dan bermanfaat sebagai sumber cara bagi anda.

Cara Yang berkaitan :
Cara Lain mencari ide menulis yang indah
Ciri blog masuk sandbox dan cara keluar dari google sandbox