Rp1,399 Triliun Untuk Tender Offer PT Indosiar | Business Informer

Author:
Rp1,399 Triliun Untuk Tender Offer PT Indosiar | Business Informer: Business and Media Informer - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), induk usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) selaku pengelola PT Surya Citra Televisi (SCTV), menetapkan harga penawaran tender (tender offer) sebesar Rp950 untuk sisa saham publik PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM).

Dengan harga tender tersebut, maka dana yang disiapkan perseroan mencapai Rp1,399 triliun. "Sisa saham publik yang akan kami beli kembali mencapai 1,473 miliar lembar saham," kata Direktur Legal dan sekertaris perusahaan EMTK Titi Maria Rusli di Jakarta, Jumat (20/5).

Hal ini diceritakan oleh Media indonesia dalam lembaran berita hari Jum`at tanggal 20 Mei 2011, dengan judul SCTV Kucurkan Rp1,399 triliun untuk Tender Offer Indosiar.
Rupiah dan triliunan dan untuk tender offer
Selanjutnya menurut lembaran berita tersebut, dikatakan bahwa, Sebelumnya, perseroan menyatakan telah menyiapkan dana sebesar Rp1,17 triliun yang berasal dari kas internal dan juga pinjaman bank. Namun, dengan penetapan harga yang berada 50 poin (5,5%) lebih tinggi dari harga akuisisi IDKM sebesar Rp900 per lembar, maka dana yang disiapkan meningkat.

Titi mengatakan, harga penawaran tender tersebut merupakan rata-rata tertinggi harian saham IDKM yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam 90 hari.

Titi melanjutkan, periode penawaran tender akan dilakukan selama 5 hari kerja yang diperkirakan pada 8-14 Juni 2011. Sementara pembayaran akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 22 Juni 2011.

EMTK telah menyelesaikan akuisisi sebanyak 551,7 juta (27,24%) dari pemilik sebelumya PT Prima Visualindo pada 13 Mei 2011 seharga Rp900 per lembar atau Rp496,5 miliar.

Demi keperluan tersebut, selain menggunakan kas internal, EMTK juga meminjam dana sebesar Rp1,5 triliun dari dua bank yaitu Standard Chartered Bank cabang Jakarta dan Citibank N.A cabang Jakarta. Sebagai jaminan, EMTK melakukan gadai saham anak usahanya SCMA.

"Tujuan dari perjanjian kredit dan perjanjian jaminan dimaksudkan dalam rangka pendanaan untuk membiayai transaksi akuisisi dan penawaran tender IDKM,” jelasnya.
Posted by Sumber Cara Wanita
Menurut Titi, perjanjian pinjaman tersebut telah dilakukan pada 5 Mei 2011. Dimana EMTK menjaminkan kepemilikan saham atas anak usahanya tersebut. Saat ini, jumlah saham yang dimiliki EMTK sebanyak 1,648 miliar lembar saham atau setara 85,78% porsi saham SCMA.

Sementara total saham modal ditempatkan dan disetor penuh SCMA sebanyak 1,921 miliar lembar saham. "Rencana gadai juga sudah mendapat restu dari Dewan Komisaris dan pemegang saham," katanya.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) EMTK pada 5 Mei lalu, pemegang saham telah menyetujui rencana perseroan untuk mengakuisisi saham IDKM sekaligus juga melakukan penawaran tender saham publik, setelah selesainya proses tersebut.

Sumber cara | Rp1,399 Triliun Untuk Tender Offer PT Indosiar | Business Informer
Mungkin anda Juga ingin tahu :

1 Milyar Dana Untuk Tambang Minyak Madura | Ekonomi Nasional

Bulan Terbaik Dow Dan Nasdaq | Info Saham Stock Market

1 rumusan perda berharga Rp 500 juta ~ Rp 1,1 Triliun Sia-sia